Comscore Tracker

Kenali 6 Perbedaan Daging Sapi Asli dan Daging Oplosan

Harus benar-benar teliti saat membeli, ya

Sebelum membeli bahan makanan, kita perlu memperhatikan dengan jeli beberapa hal penting, terutama kualitas dan keaslian bahan makanan. Membeli daging sapi contohnya, harus diketahui apakah asli atau sudah tercampur dengan daging non halal.

Ulang oknum pedagang terkadang mencampur daging sapi dengan daging babi. Agar tak tertipu, ada baiknya memahami cara mengidentifikasi campuran daging sapi atau babi. Berikut enam perbedaan yang bisa dijadikan panduan sembelum membeli daging sapi.

1. Warna daging

Kenali 6 Perbedaan Daging Sapi Asli dan Daging Oplosanaameats.net

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memilih daging adalah warnanya. Daging sapi berwarna merah tua, sedangkan daging oplosan berwarna merah pucat hampir seperti warna daging ayam. 

Baca Juga: Yuk Masak Gulai Iga Sapi, Resep Ini Bikin Bumbu Meresap ke Tulang

2. Aroma daging

Kenali 6 Perbedaan Daging Sapi Asli dan Daging Oplosanemerging-europe.com

Kita juga bisa mengetahui dari aromanya. Daging sapi memiliki aroma daging yang khas, sedangkan daging oplosan dari babi biasanya lebih amis dan anyir. 

3. Tekstur daging

Kenali 6 Perbedaan Daging Sapi Asli dan Daging Oplosannewfoodmagazine.com

Tekstur daging sapi cenderung padat dan kaku. Selain itu, daging sapi tidak mudah direnggangkan meski oleh tangan. Sedangkan daging oplosan cenderung kenyal, lunak, dan mudah direnggangkan serta elastis. Kita bisa mengenalinya saat memegang daging tersebut. 

Baca Juga: Resep Udang Cabai Hijau, Simpel dan Pedas Bikin Makan Tambah Terus

4. Serat daging

Kenali 6 Perbedaan Daging Sapi Asli dan Daging Oplosanglobalmeatnews.com

Serat daging sapi juga cenderung keras dan kasar saat dipegang, lalu mudah untuk dilihat. Berbeda halnya dengan daging oplosan yang memiliki serat halus dan renggang. Bahkan, cenderung lebih lembek saat dipegang. 

5. Lemak daging

Kenali 6 Perbedaan Daging Sapi Asli dan Daging Oplosangalaxybuthchery.com

Daging sapi memiliki lemak yang lebih padat serta berbentuk, sehingga tampak padat dan berserat. Sedangkan pada daging oplosan memiliki lemak yang lunak dan sangat basah. 

Baca Juga: Sudah Coba Minum Air Lemon Plus Madu? Ini 5 Khasiat Campuran Keduanya

6. Perbedaan harga

Kenali 6 Perbedaan Daging Sapi Asli dan Daging Oplosanbritannica.com

Kita juga tak cukup hanya menggunakan panca indera, tapi keaslian daging bisa diragukan dengan harga. Daging oplosan kerap dijual dengan harga yang relatif lebih murah. Jadi, kita perlu mencari tahu dulu harga pasaran daging sapi supaya tak terkecoh dengan daging oplosan. 

Demikian beberapa tips memilih daging sapi asli agar kita tak mudah tertipu oleh oknum pedagang nakal yang mencari untung besar. Semoga referensi di atas bisa membantu menemukan daging yang berkualitas untuk keluarga.

Baca Juga: Cara Bikin Ayam Paniki Khas Manado, Dijamis Pedasnya Menusuk Kalbu

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya