Comscore Tracker

Jangan Dimakan, 6 Tanda Makanan Beku Ini Tak Layak Konsumsi

Periksa dulu sebelum dimakan

Freezer menjadi perangkat yang memudahkan kita untuk menyimpan makanan dalam waktu lama. Tapi, bukan berarti makanan yang dibekukan tak memiliki masa kedaluwarsa. Beberapa hal harus diperhatikan sebelum mengonsumsi makanan yang dikeluarkan dari dalam freezer.

Dirangkum dari laman The Kitchn dan Eat This Not That, perhatikan beberapa tanda makanan beku yang tak lagi layak untuk dikonsumsi. Jangan ambil risiko karena kesehatan lebih penting!

1. Makanan berprotein sudah berubah warna

Jangan Dimakan, 6 Tanda Makanan Beku Ini Tak Layak Konsumsiunsplash.com/Kyle Mackie

Jika daging atau ikan yang mulanya berwarna merah telah berubah menjadi abu-abu kecokelatan, sebaiknya segera buang daging atau ikan beku tersebut. Perubahan warna bisa menjadi tanda jika makanan tersebut sudah bersentuhan dengan udara dan teksturnya sudah mengalami perubahan.

Secara teknis, mungkin saja daging atau ikan yang keluar dari freezer masih aman untuk dimakan. Tapi satu hal yang pasti, tekstus dan rasanya sudah tidak akan enak lagi.

Baca Juga: 7 Tips dan Cara Memilih Kepiting Segar dan Berdaging Banyak

2. Terlalu banyak kristal es di dalam kemasan

Jangan Dimakan, 6 Tanda Makanan Beku Ini Tak Layak Konsumsifreepik.com/freepik

Sebenarnya jika makanan yang beku disimpan dengan benar, maka bisa aman dikonsumsi selama beberapa bulan bahkan tahunan, meski tidak menjamin rasa dan teksur akan tetap sama.

Jika di dalam kemasan makanan yang dibekukan terdapat kristal es, demikian terjadi karena molekul air di dalam makanan keluar menuju area yang lebih dingin dari freezer. Lag-lagi, meski makanan dikonsumsi tapi kondisi ini menandakan makanan tersebut kehilangan kelembapan yang memengaruhi tekstur dan rasa.

3. Ada bau tengik atau tidak sedap

Jangan Dimakan, 6 Tanda Makanan Beku Ini Tak Layak Konsumsiunsplash.com/Wesual Click

Kamu juga perlu menggunakan indra penciuman untuk mengetahui apakah makanan masih layak dikonsumsi atau tidak. Jadi, sebelum mengolah makanan yang baru keluar dari freezer, cium dulu makanan tersebut. Jika baunya aneh atau tengik, lebih baik segera buang.

Kadang, bau ini mungkin tidak begitu jelas sampai makanan dicairkan. Umumnya, perubahan bau pada makanan terjadi karena kondisi freezer yang kurang ideal. Walaupun mungkin tidak berbahaya, pasti rasa makanan sudah tidak akan enak. Selain itu, alangkah lebih baiknya jika kamu tidak ambil risiko dan langsung membuang saja makanan yang baunya tengik.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 5 Dampak Negatif Konsumsi Makanan Beku bagi Kesehatan 

4. Freezer terlalu penuh

Jangan Dimakan, 6 Tanda Makanan Beku Ini Tak Layak Konsumsiunsplash.com/nrd
Mengisi freezer dengan banyak makanan hingga terlalu penuh bukan hal ideal. Ini membuat perangkat tidak bisa membekukan makanan dengan benar. Freezer yang terlalu penuh tidak memungkinkan sirkulasi udara yang baik.
 
Tidak ada sirkulasi udara berarti meminimalkan daya pendinginan dan pembekuan oleh freezer menjadi tidak optimal. Karena mekanisme pendinginannya tidak efisien, makanan tidak akan begitu awet.

5. Warna sayuran menjadi kusam

Jangan Dimakan, 6 Tanda Makanan Beku Ini Tak Layak Konsumsiunsplash.com/Louis Hansel
Menyimpan sayuran seperti brokoli di dalam freezer terlalu lama akan membuat bagian luarnya berwarna hijau cerah akan hilang. Sama halnya dengan makanan lain, jika warnanya tidak secerah sebelumnya bisa menjadi tanda bahwa makanan tersebut mengering karena kemasan yang tidak tepat atau disimpan terlalu lama.

6. Ada bekas tumpahan di bawah freezer

Jangan Dimakan, 6 Tanda Makanan Beku Ini Tak Layak Konsumsifreepik.com/drobotdean
Jika pernah melihat ada gumpalan di bagian bawah freezer, terutama cairan daging yang tampak merah muda, hal itu bisa menjadi pertanda buruk. Kondisi ini bisa disebabkan freezer menghangat dan menyebabkan sesuatu mencair atau cairan yang menetes sebelum item membeku.
 
Selain membuang makanan yang sudah terkontaminasi, kamu juga perlu segera mengeluarkan isian freezer dan membersihkannya.

Itulah tanda-tanda makanan beku yang tak layak lagi dikonsumsi. Kenali cirinya dan segera buang makanan tersebut. Jika tak ingin makanan itu sia-sia, lebih baik jangan disimpan terlalu lama dan segera konsumsi.

Kesehatanmu lebih berharga ketimbang memaksakan diri tetap mengonsumsi makanan tak layak!

Baca Juga: Makanan Beku yang Diimpor dari Brasil Positif Terpapar COVID-19

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Eka ami di IDN Times Community dengan judul 6 Tanda Makanan Beku Sudah Tak Layak Konsumsi, Sebaiknya Segera Buang

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya