Comscore Tracker

5 Jenis Sayuran Ini Kaya Nutrisi Hingga Populer di Jepang

Diolah menjadi beberapa masakan yang lezat!

Jepang terkenal dengan pola masyarakatnya yang gemar mengonsumsi sayur-sayuran mengandung banyak gizi, nutrisi, vitamin, dan mineral. Sayur-sayuran yang dikonsumsi itu bermanfaat untuk kesehatan dan daya tahan tubuh.

Beberapa jenis sayuran banyak diolah menjadi beberapa jenis masakan. Mulai dari sup, semur, dan hidangan mi khas Jepang lainnya. Meski ada juga beberapa sayuran yang dinikmati mentah, atau dibuat hidangan salad.

Dikutp dari Live Japan, berikut lima dari banyak jenis sayuran yang paling populer dan menyehatkan di Negeri Sakura. 

1. Daikon

5 Jenis Sayuran Ini Kaya Nutrisi Hingga Populer di Jepangthespruceeats.com

Daikon memiliki tekstur yang sangat renyah saat dimakan mentah, serta lembut setelah dimasak. Dalam bahasa Jepang, daikon berarti akar besar yang merujuk asal dari sayuran ini tumbuh.

Sayuran ini cocok dipadu dengan banyak jenis hidangan lain seperti boga bahari, serta berbagai olahan mi khas Jepang di antaranya soba, ramen, serta udon. Sedangkan untuk nilai gizi, sayuran daikon memiliki kandungan serat tinggi serta kaya akan folat dan kalium yang baik untuk kesehatan tubuh.

2. Shiso

5 Jenis Sayuran Ini Kaya Nutrisi Hingga Populer di Jepangthrivecuisine.com

Jika kamu kehilangan selera makan, sayuran shiso ini bisa meningkatkan nafsu makan menjadi lebih baik. Shiso memiliki aroma yang sangat wangi dan tajam, hingga meningkatkan nafsu makan.

Ada dua jenis sayuran shiso yang dikelompokan berdasarkan warna. Yaitu shiso hijau (aojiso) dan shiso merah (akajiso). Selain terkenal dengan aromanya yang wangi, sayuran shiso juga memiliki kandungan asam lemak omega cukup tinggi.

Baca Juga: Kenali 6 Perbedaan Daging Sapi Asli dan Daging Oplosan

3. Gobo

5 Jenis Sayuran Ini Kaya Nutrisi Hingga Populer di Jepangselfhacked.com

Gobo merupakan jenis sayuran yang berasal dari akar tanaman yang bernama burdock. Sayuran ini sangat populer di masyarakat Jepang karena rasanya yang lezat dan bergizi. Gobo sering sekali diolah ke dalam hidangan berkuah seperti sup dan berbagai jenis hidangan mie lainnya.

Jika dibandingkan dengan sayuran akar teratai, gobo memiliki rasa yang lebih manis. Gobo pun mengandung banyak zat besi, serta dipercaya menyembuhkan flu dengan cepat.

Baca Juga: Memilih dan Menyimpan Brokoli, Ikuti 7 Langkah Ini

4. Komatsuna

5 Jenis Sayuran Ini Kaya Nutrisi Hingga Populer di Jepangvibranthappyhealthy.com

Komatsuna termasuk daftar jenis sayuran yang mirip dengan bayam, namun memiliki tingkat kepahitan yang lebih rendah. Sayuran ini banyak ditanam dan dikonsumsi oleh masyarakat Jepang, Cina, dan Taiwan.

Meski serupa dengan bayam, komatsuna mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh. Komatsuna biasanya sering dimakan mentah untuk menu salad, atau dibuat hidangan berkuah seperti sup dan semur. Namun, sebagian orang juga mengolah komatsuna untuk diasamkan menjadi acar.

Baca Juga: Sudah Coba Minum Air Lemon Plus Madu? Ini 5 Khasiat Campuran Keduanya

5. Renkon

5 Jenis Sayuran Ini Kaya Nutrisi Hingga Populer di Jepangjustonecookbook.com

Sayuran ini memiliki bentuk dan pola yang menarik, dan menambah estetika masakan agar terlihat lebih indah. Berbeda dengan komatsuna yang dapat dimakan mentah, renkon harus melewati proses yang lebih lama. Sebelum menikmatinya, renkon harus dikupas terlebih dulu dan direndam di dalam air.

Renkon cocok dihidangkan dengan tempura atau hidangan sup chikuzenni. Dari segi tekstur, renkon cukup renyah yang mirip dengan sayuran wortel.

Itulah lima jenis sayuran cukup populer di masyarakat Jepang. Sayuran itu menjadi favorit karena kaya akan nutrizi dan bergizi, selain rasanya yang cukup lezat saat diolah ke dalam menu masakan.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh IDTM di IDN Times Community dengan judul Ini 5 Jenis Sayuran Paling Populer di Jepang, Kaya Gizi dan Nutrisi!

Baca Juga: Selain Lavender, 4 Tanaman Ini Ampuh Usir Nyamuk

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya