Comscore Tracker

7 Kuliner Khas Nusantara Berbahan Ayam, Bikin Lidah Bergoyang

Lezat dan bikin laper pastinya #LokalIDN

Indonesia memiliki jenis kuliner yang beraneka ragam. Tiap hidangan punya cara dan bumbu yang berbeda, meski bahan dasarnya sama yakni ayam.

Ayam merupakan bahan dasar yang banyak digemari dan menjadi favorit banyak orang. Pengin tahu kuliner khas Indonesia apa saja yang berbahan dasar ayam? Simak ulasannya berikut ini.

1. Ayam Woku

7 Kuliner Khas Nusantara Berbahan Ayam, Bikin Lidah Bergoyanginstagram.com/laparlagimakanlagi

Ayam woku merupakan hidangan khas Manado, Sulawesi Utara. Woku merupakan salah satu bumbu khas dari Manado. Tak hanya nikmat dijadikan bumbu untuk ayam, namun Woku juga bisa berbahan ikan ataupun daging sapi. Kata woku sebenarnya berasal dari nama sebuah daun yang bernama woka.

Daun woka mirip sekali dengan daun lontar yang biasa digunakan untuk memasak nasi. Proses memasak ayam woku yang lama akan membuat bumbu semakin meresap ke dalam ayamnya, lho.

Baca Juga: Resep Ayam Goreng Betutu, Cobain Gurih dan Kelezatannya!

2. Ayam Taliwang

7 Kuliner Khas Nusantara Berbahan Ayam, Bikin Lidah Bergoyanginstagram.com/miss_kuliner

Ayam taliwang adalah hidangan khas asal Pulau Lombok. Hidangan satu ini berasal dari Kampung Karang Taliwang di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ayam taliwang menggunakan ayam kampung muda yang dibakar, lantas dibumbui dengan saus khas.

Saus ini memiliki bahan dasar dari cabai merah kering, bawang putih, bawang merah,  tomat, terasi, kencur, gula merah, serta garam. Lazimnya, ayam taliwang dinikmati bersama plecing kangkung yang menyegarkan.

Baca Juga: Resep dan Cara Bikin Semur Ayam Kentang, Praktis dan Lezat!

3. Ayam Betutu

7 Kuliner Khas Nusantara Berbahan Ayam, Bikin Lidah Bergoyanginstagram.com/sbykulinerinfo

Ayam betutu berasal dari Pulau Dewata, Bali. Cara membuatnya cukup mudah. Ayam yang telah dibersihkan, dibalurkan bumbu khas Bali atau yang disebut dengan base genep.

Base genep akan disirap ke seluruh permukaan tubuh ayam, dan sebagian lagi dimasukkan ke dalam rongga perut ayam. Lantas segera direbus atau langsung dibakar hingga menghasilkan aroma khas.

Baca Juga: 6 Trivia Ayam Pop khas Minang, Bukan Sekadar Ayam Goreng!

4. Ayam Pop

7 Kuliner Khas Nusantara Berbahan Ayam, Bikin Lidah Bergoyanginstagram.com/jktfoodbang

Ayam pop merupakan hidangan yang biasanya ditemui di rumah makan Padang. Walau digoreng, ayam pop memiliki warna yang cenderung terlihat masih putih pucat.

Sebelum digoreng, ayam telah dibumbui ini direbus terlebih dulu menggunakan air kelapa serta bawang putih cincang. Barulah digoreng sebentar di dalam minyak panas.

5. Ayam Kalasan

7 Kuliner Khas Nusantara Berbahan Ayam, Bikin Lidah Bergoyanginstagram.com/yscooking

Kalasan merupakan salah satu nama daerah yang ada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Daerah ini menyimpan salah satu hidangan khas Indonesia yang tak kalah lezatnya yaitu ayam kalasan.

Menu ini menggunakan ayam kampung. Rasanya gurih dan serta manis karena direbus dengan bumbu rempah serta air kelapa. Ayam kalasan paling nikmat saat disantap dengan sambal bajak yang pedas, kremesan, dan nasi hangat.

Baca Juga: Resep Bikin Ayam Ungkep Bumbu Kuning, Bisa untuk Stok di Kulkas

6. Ayam Tangkap

7 Kuliner Khas Nusantara Berbahan Ayam, Bikin Lidah Bergoyanginstagram.com/tunasrianinauli

Berasal dari Aceh, ayam tangkap adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang tak hanya lezat tapi juga punya cita rasa yang aromatik. Cara pengolahannya juga cukup sederhana. Ayam dimasak bersama dengan bumbu seperti lada, kemiri, bawang putih, garam, dan jahe.

Setelah itu barulah ayam digoreng. Uniknya lagi dimasukkan pula beberapa dedaunan seperti potongan daun kari, daun pandan, dan daun salam ke dalam penggorengan. Cara penyajiannya pun juga disertai dengan aneka dedauan ini. Pasalnya dedaunan tersebutlah yang menjadi daya tarik hidangan yang satu ini.

7. Ayam Lodho

7 Kuliner Khas Nusantara Berbahan Ayam, Bikin Lidah Bergoyanginstagram.com/rezaliem

Hidangan satu ini berasal dari Tulungagung, Jawa Timur. Menu ini merupakan ayam bakar yang kemudian dimasak lagi bersama kuah kental yang mirip seperti kari santan pedas.

Cara memasaknya pun khas yakni menggunakan kayu bakar sehingga kuah santan menjadi kental. Ayam yang digunakan untuk memasak Ayam Lodho juga bukan sembarangan. harus menggunakan ayam kampung. 

Gimana, sudah berasa lapar? Kalian sudah coba menu ayam khas Nusantara yang mana?

Baca Juga: Rekomendasi 6 Warung Ayam Bakar dan Ayam Panggang Lezat di Malang

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Annisa Nur Fitriani di IDN Times Community dengan judul 7 Hidangan Khas Indonesia Berbahan Dasar Ayam, Mana Favoritmu?

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya