Comscore Tracker

5 Bunga Ini Bisa Diseduh Sebagai Teh, Warnanya Cantik dan Menyehatkan

Enak, sehat, dan menghasilkan warna yang cantik

Minum teh menjadi ritual relaksasi untuk sebagian orang. Buat penggemar teh tentu tahu ragamnya tak hanya dari daun teh hijau, hitam, atau dipadu dengan melati saja. Masih banyak aneka bunga lain yang enak untuk diseduh dengan air panas dan dinikmati sebagai teh.

Karena berasal dari kelopak bunga, deretan teh ini punya wangi memikat dan warna yang cantik. Kamu perlu tahu dan mencoba lima varian kelopak bunga yang bisa diseduh sebagai teh.

1. Chamomile

5 Bunga Ini Bisa Diseduh Sebagai Teh, Warnanya Cantik dan Menyehatkanfood.ndtv.com

Teh chamomile sudah lazim ditemui. Seduhan dari kelopak bunga chamomile kering ini menghasilkan aroma wewangian dan manfaat untuk menenangkan jika diseduh dan diminum.

Teh chamomile punya warna lebih jernih ketimbang teh daun pada umumnya. Hal ini dikarenakan bunganya memiliki kelopak berwarna putih, dan bagian tengah berwarna kuning.

Baca Juga: Meski Dibutuhkan Tubuh, Minyak Berlebihan di Makanan Bisa Picu Stroke

2. Mawar

5 Bunga Ini Bisa Diseduh Sebagai Teh, Warnanya Cantik dan Menyehatkanindoindians.com

Teh dari mawar bukan berasal dari kelopak bunganya yang diseduh. Tapi teh ini berasal dari kuncup bunga mawar, atau yang dikenal sebagai rosebud. Selain menghadirkan warna yang cantik ketika diseduh, teh mawar dipercaya memiliki manfaat untuk kecantikan. Teh mawar akan menghasilkan warna merah muda saat diseduh. Warnanya yang memesona pasti bagus untuk feed media sosial.

Baca Juga: 5 Jenis Teh Termahal yang Ada di Dunia, Tertarik Membelinya?

3. Hibiscus

5 Bunga Ini Bisa Diseduh Sebagai Teh, Warnanya Cantik dan Menyehatkanorganicfacts.net

Hibiscus lebih dikenal dengan nama bunga sepatu. Kelopaknya yang berwarna merah menyala juga akan menghasilkan warna yang sama saat diseduh sebagai teh. Warna merahnya berbeda dengan yang dihasilkan dari seduhan dari daun teh, lho.

Mengonsumsi teh hibiscus dipercaya bermanfaat untuk membantu proses detoksifikasi bagi tubuh.

Baca Juga: Yuk Bikin Maksuba, Kue 15 Lapis Khas Palembang yang Melegenda

4. Rosela

5 Bunga Ini Bisa Diseduh Sebagai Teh, Warnanya Cantik dan Menyehatkangoodfoodtoall.com

Hampir sama dengan bunga sepatu, teh rosela jika diseduh akan menghasilkan warna merah cantik. Teh rosela memiliki wangi yang menenangkan dan memiliki manfaat untuk menjaga kehalusan dan kekencangan kulit.

Beberapa kedai kopi dan teh di Muara Enim, Sumatera Selatan (Sumsel), kerap menyajikan rosela sebagai teh mereka. Teh rosela bisa disajikan baik hangat maupun dingin, lho.

5. Telang

5 Bunga Ini Bisa Diseduh Sebagai Teh, Warnanya Cantik dan Menyehatkanlemonlily.ca

Bunga telang merupakan penghasil warna ungu alami. Teh dari bunga bisa menghasilkan warna ungu yang cantik. Tak hanya diseduh saja, kita bisa berkreasi untuk membuat bunga telang latte dengan mencampurnya dengan susu maupun madu.

Perpaduan warna susu dan teh telang bisa jadi sangat menarik. Selain untuk teh, bunga telang juga biasa dibuat sebagai pewarna makanan dan kain alami.

Gimana, sudah pernah mencoba lima kelopak bunga di atas? Kalau belum, baiknya kamu bisa mulai melakukan variasi dalam menimum teh. Selamat menikmati teh bunga berwarna cantik!

Baca Juga: Beda Thai Tea, Teh Tarik, dan Teh Susu, Serupa tapi Tak Sama

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Pusat Tanaman Hias di IDN Times Community dengan judul 5 Jenis Teh Aneka Warna yang Berasal dari Kelopak Bunga

Baca Juga: Tubuh Kamu Dehidrasi Saat Puasa? Coba 7 Makanan dan Minuman Ini 

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya