Comscore Tracker

Kehabisan Tepung Maizena? Ganti dengan 5 Bahan Ini

Gak punya maizena? Gak masalah~

Tepung jagung (Cornstarch) atau yang biasa disebut dengan tepung maizena oleh masyarakat Indonesia, merupakan pati yang berasal dari kernel jagung. Tepung jagung merupakan bubuk putih yang digunakan untuk mengentalkan hidangan berkuah.

Karena hanya dibuat dari biji jagung, tepung satu ini dibuat alami dan bebas gluten. Tapi ada bahan lain yang bisa digunakan sebagai pengganti saat tepung maizena di dapur habis. Mau tahu? Yuk simak di bawah ini.

1. Tepung serba guna (all purpose flour)

Kehabisan Tepung Maizena? Ganti dengan 5 Bahan Iniverywellfit.com

Kendati substitusi ini tidak bebas gluten, tapi tepung serba guna bisa menjadi pilihan tepat dan cepat untuk mengentalkan saus, sup, dan isian roti.

Secara umum, kita bisa mengganti tepung maizena dengan tepung serba guna. Kita harus menggunakan dua kali lebih banyak agar hidangan bisa menjadi lebih kental seperti tepung maizena.

2. Tepung beras

Kehabisan Tepung Maizena? Ganti dengan 5 Bahan Iniworld-grain.com

Tepung beras sebagai pengganti maizena cocok untuk pan frying atau deep frying, dan juga merupakan tambahan yang baik untuk adonan kue karena membuat hasil akhir kue empuk dan tidak terlalu keras.

Seperti tepung terigu, disarankan untuk menggunakan tepung beras dua kali lebih banyak daripada tepung jagung untuk mendapatkan hasil yang sama.

Baca Juga: Mengenal 5 Jenis Makanan Manis dari Tepung Hunkwe, Legendaris Abis!

3. Tepung kentang

Kehabisan Tepung Maizena? Ganti dengan 5 Bahan Iniamazon.in

Seperti tepung beras, tepung kentang adalah pengganti yang baik untuk makanan gurih seperti gorengan dan saus. Kita bahkan bisa menambahkannya di akhir membuat saus karena mampu mengentalkan masakan lebih cepat.

Perbandingan tepung kentang dengan tepung jagung adalah 1:1. Ini berarti jika resep membutuhkan 1 sendok makan tepung jagung, tukarkan dengan 1 sendok makan tepung kentang.

4. Tepung pati garut (arrowroot starch)

Kehabisan Tepung Maizena? Ganti dengan 5 Bahan Iniindiamart.com

Enaknya menggunakan tepung pati sebagai pengganti tepung jagung dalam saus adalah bahwa tepung pati memberikan hasil yang mengkilap. Ingatlah untuk segera menyajikan saus karena bahan pengental ini tidak akan tahan terlalu lama setelah disiapkan.

Tepung pati adalah pengganti yang ideal untuk tepung jagung jika ingin membuat saus atau kuah yang kental. Tepung pati juga dapat digunakan dalam isian pie apa pun sebagai pengganti tepung maizena. Namun, sebaiknya tidak dicampur dengan susu agar tidak menciptakan tekstur berlendir.

5. Tepung tapioka

Kehabisan Tepung Maizena? Ganti dengan 5 Bahan Inifoodsguy.com

Tepung tapioka memiliki keunggulan kecil di atas tepung jagung karena konsentrasi beberapa nutrisi yang lebih tinggi. Tapioka memiliki lebih banyak kalsium dan vitamin B-12 daripada tepung jagung

Kebanyakan koki merekomendasikan penggunakan 2 sendok makan tepung tapioka sebagia pengganti 1 sendok makan tepung jagung. Tapioka adalah tepung pati olahan yang terbuat dari singkong.

Itulah lima bahan pengganti tepung maizena saat kita kehabisan bahan di dapur. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Bahan Makanan Ini Lebih Enak Kalau Digoreng Pakai Tepung, Setuju? 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Anastasia Jaladriana di IDN Times Community dengan judul 5 Bahan Pengganti Tepung Maizena yang Wajib Kamu Tahu

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya