Comscore Tracker

7 Tips dan Cara Memilih Kepiting Segar dan Berdaging Banyak

Memilih kepiting jangan cuma lihat ukurannya, Guys

Penyuka boga bahari tentu tak menolak jika disuguhkan menu kepiting. Jika suka mengonsumsinya, tak ada salah untuk mengetahui bagaimana cara memilih kepiting yang segar dengan benar.

Ukuran ternyata bukan sebatas perkara ukurannya saja. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan demi mendapat kualitas terbaik. Apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Pergerakan

7 Tips dan Cara Memilih Kepiting Segar dan Berdaging Banyakpexels.com/@john-lambeth

Kita pasti lebih memilih kepiting yang masih hidup dibanding yang sudah mati. Sebab, kepiting segar sebaiknya memang yang masih hidup.

Pilihlah kepiting dengan pergerakannya yang masih agresif. Kepiting yang agresif dan melawan saat disentuh, menandakan staminanya masih bagus, sehat, dan segar.

Baca Juga: Cara Benar dan Tepat Memilih Hingga Memasak Daging Merah

2. Warna

7 Tips dan Cara Memilih Kepiting Segar dan Berdaging Banyakmisterfishinc.com

Hindari memilih kepiting yang terang dan mengkilap. Pilih kepiting dengan cangkang yang berwarna kusam dan tergores. Kepiting dengan warna cangkang yang lebih kusam dan bergores, menandakan siap ganti kulit dan punya daging yang padat.

3. Periksa matanya

7 Tips dan Cara Memilih Kepiting Segar dan Berdaging Banyakantaranews.com

Pilihlah kepiting yang kedua matanya masih utuh dan bergerak. Mata yang masih sehat menandakan kepiting tersebut masih segar, lho.

Baca Juga: 10 Makanan Ini Tak Boleh Dimasak dengan Teflon, Bisa Beracun! 

4. Tekan bagian siku

7 Tips dan Cara Memilih Kepiting Segar dan Berdaging Banyakpixabay.com

Coba tekan bagian sikunya. Kepiting memiliki bagian siku yang lembut. Jika bagian tersebut ditekan dan kembali seperti semula, itu tandanya daging yang ada dalam cangkang berisi penuh.

Baca Juga: 10 Tips dan Trik Memasak Cumi-cumi biar Dagingnya Lembut nan Enak

5. Periksa capitnya

7 Tips dan Cara Memilih Kepiting Segar dan Berdaging Banyakomahasteaks.com

Tanda kepiting dewasa adalah capit yang besar dan digunakan dengan baik. Periksalah capit bagian kanan yang biasanya digunakan untuk menyerang mangsa, apakah bergigi tumpul atau tajam.

6. Periksa bagian bawah kepiting

7 Tips dan Cara Memilih Kepiting Segar dan Berdaging Banyakmarketmanila.com

Periksa badan kepiting bagian bawah atau perutnya untuk memilih kepiting jantan atau betina. Jika bagian perut menunjukkan alur membentuk segitiga dan runcing, dipastikan kepiting tersebut jantan. Jika cenderung membulat, artinya kepiting betina.

Selain itu, tekan perut kepiting. Jika keras, kepiting itu punya daging yang padat. Sebaliknya jika terasa kopong atau tidak kembali ke semula, maka bisa dikatakan daging bagian badan kurang padat atau kopong.

7. Aroma

7 Tips dan Cara Memilih Kepiting Segar dan Berdaging Banyakbahasikan.com

Hal terakhir yang bisa diperiksa adalah bau. Kepiting yang segar tidak memiliki bau. Hindari membeli kepiting dengan aroma yang tidak sedap atau amis. Selain itu, hindari juga membeli kepiting yang berbau amonia.

Itulah beberapa cara memilih kepiting segar dan kualitas terbaik. Kalau sudah tahu caranya, terpikir mau masak kepiting apa nih?

Baca Juga: 10 Tips Memasak Udang, Rasanya Makin Nikmat dan Dagingnya Lembut

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya