Comscore Tracker

8 Cara Mengolah Jengkol Agar Tak Bau, Malah Lebih Empuk

Jangan bilang gak suka duluan, cobain cara ini

Jengkol menjadi khas Asia Tenggara yang disukai banyak orang di Indonesia. Tanaman berbentuk biji bulat ini sering diolah menjadi berbagai masakan. Apalagi jengkol mengandung banyak protein, kalsium, fosfor, dan zat besi. Tumbuhan yang termasuk kelas magnoliopsida ini, memiliki banyak vitamin A, B1, B2, dan C.

Meski jengkol dianggap sebagian orang kurang enak dan lezat, tetapi jengkol juga bisa menimbulkan aroma tak sedap setelah dikonsumsi. Sebenarnya, mengolah jengkol tak bisa sembarangan. Ada cara dan tips agar jengkol tak bau dan makin lezat.

1. Merendam jengkol dengan air kapur sirih

8 Cara Mengolah Jengkol Agar Tak Bau, Malah Lebih Empukinstagram.com/erika_eten

Cara pertama yang bisa dilakukan demi menghilangkan aroma tak sedap dari jengkol dengan memanfaatkan air kapur sirih. Sebelum diolah, rendam jengkol dengan air kapur sirih semalaman. Setelahnya tiriskan.

2. Cuci dengan air beras

8 Cara Mengolah Jengkol Agar Tak Bau, Malah Lebih Empukngobrolin.id

Setelah direndam dengan air kapur sirih, tips selanjutnya menggunakan air bekas cucian beras. Setelah mencuci beras, jangan buang airnya karena bisa dimanfaatkan untuk mencuci jengkol sebelum diolah menjadi masakan.

3. Rebus dengan daun jambu biji

8 Cara Mengolah Jengkol Agar Tak Bau, Malah Lebih Empukmommyasia.id

Tips ketiga agar jengkol tak bau adalah merebusnya bersama dengan daun jambu biji. Siapkan lima lembar daun jambu biji ukuran sedang, cuci bersih, kemudian rebus bersama jengkol yang sudah direndam semalaman selama 10-15 menit.

4. Rebus dengan daun salam

8 Cara Mengolah Jengkol Agar Tak Bau, Malah Lebih Empukalodokter.com

Daun salam bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau tak sedap. Daun salam dikenal sebagai aromatik untuk mengurangi bau tak sedap.

Caranya sama seperti merebus dengan daun jambu biji. Selain mengurangi bau tak sedap, daun salam dikenal bisa mengurangi rasa pahit pada jengkol.

5. Rebus dengan daun jeruk purut

8 Cara Mengolah Jengkol Agar Tak Bau, Malah Lebih Empukbukalapak.com

Selain daun jambu biji dan daun salam, pengolahan jengkol bisa dengan memanfaatkan daun jeruk purut. Siapkan beberapa lembar daun jeruk purut, iris-iris, kemudian rebus bersama dengan jengkol.

Baca Juga: 6 Tips Memasak Mie Instan ala Sisca Soewitomo, Praktis dan Lebih Sedap

6. Tambahkan parutan jahe

8 Cara Mengolah Jengkol Agar Tak Bau, Malah Lebih Empukonceuponachef.com

Cara lain untuk mengurangi bau tak sedap dari jengkol hanya menambahkan parutan jahe. Tambahkan sedikit parutan jahe saat memasak jengkol. Aroma jahe yang sedikit pedas dipercaya ampuh menyamarkan bau jengkol, sekaligus menambah citarasa masakan.

7. Rebus dengan api kecil

8 Cara Mengolah Jengkol Agar Tak Bau, Malah Lebih Empukbukalapak.com

Cara memasak jengkol juga memengaruhi, agar olahan lebih enak dan lezat. Memasak atau merebus jengkol cukup dengan api kecil. Tujuannya, agar bumbu meresap sempurna dan menghilangkan bau tak sedapnya.

8. Jangan dimasak terlalu lama

8 Cara Mengolah Jengkol Agar Tak Bau, Malah Lebih Empukinstagram.com/misshotrodqueen

Last but not least, jangan memasak jengkol terlalu lama agar tak bau dan rasa pahitnya berkurang. Cukup memasak jengkol dengan waktu sekitar 20-30 menit di api kecil. Dijamin, olahan jengkol menjadi tidak bau, tidak pahit, bahkan lebih empuk.

Kalau bicara jengkol pasti mengesampingkan bau atau rasa kelatnya, sebab sudah pasti olahan jengkol bikin ngiler. Itulah beberapa tips dan cara masak jengkol, dijamin rasanya jadi lebih nikmat. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Tips dan Cara Memasak Sup Konro Khas Sulawesi Selatan yang Enak

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya