Comscore Tracker

Seimbangkan Cairan Tubuh, Temukan Manfaat Makanan Enak Ini 

Potasium atau kalium merupakan salah satu elektrolit

Potasium atau disebut kalium merupakan salah satu elektrolit yang bermanfaat untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Dikutip dari Medical News Today, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyebut diet tinggi kalium dan rendah natrium elektrolit dapat menurunkan tekanan darah. Bisa juga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Banyak buah dan sayuran merupakan sumber kalium yang sangat baik. Mau tahu makanan apa saja? Yuk simak daftarnya di bawah ini. 

1. Aprikot kering

Seimbangkan Cairan Tubuh, Temukan Manfaat Makanan Enak Ini pixabay.com/Enotovyj

Beberapa buah kering mengandung kalium tinggi. Buah aprikot bisa dikonsumsi, baik segar maupun kering.

Setengah cangkir aprikot kering mengandung 1.101 mg potasium. Buah-buahan ini juga memberi nutrisi penting lainnya, seperti zat besi dan antioksidan.

2. Kentang

Seimbangkan Cairan Tubuh, Temukan Manfaat Makanan Enak Ini pixabay.com/ jacqueline macou

Selain karbohidrat, kentang juga mengandung sumber potasium yang sangat baik. Kentang dipanggang dengan kulit  adalah pilihan terbaik, karena banyak kalium pada kulitnya.

Satu kentang panggang sedang dengan kulit mengandung 941 mg potasium. Kentang goreng biasanya kurang nutrisi dan mengandung lemak tambahan dari minyak serta proses penggorengan, sehingga menjadikannya pilihan yang kurang sehat.

3. Lentil

Seimbangkan Cairan Tubuh, Temukan Manfaat Makanan Enak Ini pixabay.com/ PDPics

Lentil merupakan sejenis tumbuhan penghasil kacang tinggi serat dan protein. Secangkir lentil yang dimasak mengandung 731 mg potasium. Cocok untuk bahan sup atau semur.

4. Tomat

Seimbangkan Cairan Tubuh, Temukan Manfaat Makanan Enak Ini pixabay.com/Ernesto Rodriguez

Tomat memberikan banyak manfaat kesehatan. Namun, untuk mendapatkan banyak potasium, sebaiknya tomat dihaluskan seperti jus. Setengah cangkir halus mengandung 549 mg potasium, dan secangkir jus tomat mengandung 527 mg.

5. Kismis

Seimbangkan Cairan Tubuh, Temukan Manfaat Makanan Enak Ini pixabay.com/forwimuwi73

Kismis merupakan jenis buah kering yang tinggi kalium, sekaligus menjadi makanan ringan yang paling populer. Biasanya digunakan sebagai tambahan berbagai kue. 

Setengah cangkir kismis mengandung 618 mg potasium. Untuk jenis yang paling sehat, pilih kismis yang hanya mengandung anggur kering tanpa tambahan gula. 

Baca Juga: 10 Makanan Enak yang Tinggi Kolagen, Bisa Bikin Awet Muda

6. Seafood

Seimbangkan Cairan Tubuh, Temukan Manfaat Makanan Enak Ini pixabay.com/PublicDomainPictures

Ikan dan kerang mengandung lemak omega-3 yang bisa menyehatkan jantung. American Heart Association merekomendasikan makan ikan (terutama ikan berlemak) setidaknya dua kali dalam sepekan. Jenis makanan laut tertentu juga merupakan sumber kalium yang baik.

7. Alpukat

Seimbangkan Cairan Tubuh, Temukan Manfaat Makanan Enak Ini pixabay.com/Steve Buissinne

Alpukat merupakan buah bermentega yang mengandung berbagai nutrisi. Di antaranya seperti lemak tak jenuh tunggal, vitamin C, E, K, dan 5 gram serat, sekaligus sumber potasium yang baik.

8. Ubi jalar

Seimbangkan Cairan Tubuh, Temukan Manfaat Makanan Enak Ini pixabay.com/auntmasako

Ubi jalar memiliki rasa yang manis dengan kandungan potasium tinggi. Ubi jalar panggang dengan kulit  mengandung 542 mg kalium. Untuk lebih sehat, konsumsi ubi jalar tanpa tambahan makanan yang mengandung gula. 

9. Susu dan yoghurt

Seimbangkan Cairan Tubuh, Temukan Manfaat Makanan Enak Ini pixabay.com/Imo Flow

Susu dan yoghurt merupakan jenis makanan yang sehat, sekaligus tinggi potasium. Secangkir susu mengandung 366 mg potasium. 

Produk susu lainnya juga mengandung kalium. Misalnya, secangkir yoghurt tanpa lemak mengandung hingga 579 mg potasium. 

10. Sayur bayam

Seimbangkan Cairan Tubuh, Temukan Manfaat Makanan Enak Ini pexels.com/ Jacqueline

Makan seporsi sayuran hijau per hari dapat membantu memperlambat penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia dan memberikan jumlah potasium tinggi. Salah satunya bayam. Daun bayam yang dimasak mengandung 846 mg potasium.

Demi menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, makanan yang mengandung potasium di atas bisa menjadi pilihan makanan akhir pekan. Apalagi sangat mudah ditemukan di sekitar kita.

Baca Juga: 10 Makanan Berbahan Dasar Jagung yang Jadi Favorit Orang Indonesia

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya