Comscore Tracker

Kenali Istilah Bunga Perbankan, Bikin Nyaman dan Aman Setelah Paham 

Ada loh bunga ditambahkan dan bunga harian

Jakarta, IDN Times - Dunia keuangan memiliki banyak istilah yang jarang diketahui orang, salah satunya bunga. Secara sederhana, bunga bank dapat diartikan sebagai imbalan yang diberikan bank kepada nasabah karena sudah menyimpan dananya.

Bunga tersebut dihitung sebesar persentase tertentu dari pokok simpanan dan jangka waktu simpanan, ataupun tingkat bunga yang dikenakan terhadap pinjaman yang diberikan bank kepada debiturnya (bank interest).

Tapi tak cuma itu saja, ternyata ada beberapa jenis bunga dengan arti berbeda, lho. Kenali dan simak penjelasan bermacam-macam bunga bank di bawah ini, ya!

1. Bunga biasa dan bunga debit

Kenali Istilah Bunga Perbankan, Bikin Nyaman dan Aman Setelah Paham Ilustrasi Logo Bank Indonesia. bi.go.id

Dilansir dari kreditgogo.com, bunga biasa adalah imbal hasil yang dihitung hanya atas pokok pinjaman. Sementara, atas bunga yang terutang tidak dihitung bunga. Bunga biasa ini dihitung berdasarkan 360 hari dalam satu tahun (simple interest; ordinary interest).

Kemudian, bunga debit adalah bunga yang dibebankan bank atas saldo debit rekening nasabah (debit interest).

Baca Juga: Peserta Tapera Bisa Beli Apartemen, Bunga KPR di Bawah Bank Komersial

2. Bunga ditambahkan dan bunga harian

Kenali Istilah Bunga Perbankan, Bikin Nyaman dan Aman Setelah Paham Ilustrasi uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Bunga ditambahkan adalah bunga yang metode penghitungan pembayaran bunganya ditambahkan, dengan menggunakan persentase terhadap pokok pinjaman yang diinginkan untuk menghitung biaya bunga. Biaya bunga itu lalu ditambahkan pada utang pokok, untuk menghitung jumlah yang harus dibayar peminjam (ad-on rates; ad-on interest).

Sedangkan bunga harian merupakan pendapatan bunga yang dihitung sejak disetor sampai saat pengambilan. Bunga tersebut dihitung setiap hari dengan bunga majemuk, tetapi pembayarannya dilakukan di akhir bulan atau pada waktu lain yang telah ditetapkan (daily interest).

3. Bunga majemuk dan bunga pasti

Kenali Istilah Bunga Perbankan, Bikin Nyaman dan Aman Setelah Paham Ilustrasi Uang Rp75000 (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Bunga majemuk merupakan bunga yang dihitung atas jumlah pinjaman pokok, ditambah bunga yang diperoleh sebelumnya. Misalkan seseorang menyimpan uangnya di bank Rp1 juta pada tingkat bunga 10 persen per tahun, pada akhir tahun pertama akan diperhitungkan menjadi Rp1,1 juta, dan pada akhir tahun ke-2 menjadi Rp1,210 juta (compound interest).

Sedangkan bunga pasti adalah bunga simpanan yang dihitung berdasarkan 365 hari setahun. Ada juga istilah bunga terantisipasi. Perkiraan besarnya bunga akan dihasilkan pada saat tertentu pada masa yang akan datang, dan rekening simpanan atau penempatan pada bank lain (anticipated interest).

Baca Juga: Revisi UU Bank Indonesia: OJK Gagal Melakukan Fungsi Pengawasan Bank?

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya