Comscore Tracker

AirAsia Layani Penerbangan Domestik Lagi Awal Mei 

Prosedur kesehatan dan keselamatan juga diterapkan ketat

Jakarta, IDN Times - AirAsia Group berencana membuka kembali penerbangan reguler, rute domestik untuk Indonesia, pada 7 Mei nanti. Ternyata tidak hanya di Indonesia, tapi negara lain seperti Malaysia juga akan mulai beroperasi pada 29 April, Thailand dimulai 1 Mei, Filipina pada 1 Mei dan India pada 4 Mei 2020.

President (Airlines) AirAsia Group, Bo Lingam mengatakan, rencana membuka layanan penerbangan lagi di Indonesia di tengah pandemi COVID-19 masih perlu izin dari pemerintah. "Ini bergantung pada persetujuan dari otoritas," kata Bo Lingam dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/4).

1. Pembukaan rute dilakukan bertahap

AirAsia Layani Penerbangan Domestik Lagi Awal Mei (Suasana kantor pusat AirAsia di Kuala Lumpur) IDN Times/Santi Dewi

Pada tahap awal pengoperasian kembali ini, penerbangan akan tersedia secara terbatas pada rute domestik tertentu, dan akan secara bertahap beroperasi di rute lainnya. Termasuk rencana memulai lagi rute internasional, jika nantinya situasi telah membaik dan pembatasan perjalanan dan wilayah telah dicabut.

"Kami merasa senang dapat terbang kembali melayani pelanggan, dan berharap dapat beroperasi penuh sesegera mungkin," kata Bo Lingam.

Baca Juga: Astaga! Bayi 4 Bulan di Sumsel Positif Corona

2. Siapkan prosedur penangangan penumpang

AirAsia Layani Penerbangan Domestik Lagi Awal Mei IDN Times/ Helmi Shemi

Bo Lingam menyatakan, AirAsia telah melakukan penyesuaian prosedur penanganan penumpang di darat dan di udara dengan kewaspadaan terhadap COVID-19. Serta bekerja sama dengan pihak otoritas bandara untuk bersama-sama memastikan langkah pencegahan telah dilaksanakan.

"Di AirAsia, keselamatan dan kesehatan penumpang dan karyawan adalah yang utama. Kami secara aktif bekerja sama dengan regulator, pemerintah setempat, otoritas penerbangan sipil dan kesehatan, serta menaati panduan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) untuk memastikan kami telah memenuhi standar kepatuhan dan kesesuaian pada setiap penerbangan yang kami lakukan di semua rute kami," katanya menjelaskan.

Para penumpang disarankan untuk menerapkan langkah-langkah pencegahan umum seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan menjaga higienitas diri selama penerbangan. Selain itu, Semua pesawat telah dilengkapi dengan penyaring udara High Efficiency Particulate Air (HEPA) berstandar rumah sakit, dan akan melalui proses desinfeksi menyeluruh setiap kali selesai penerbangan di bandara.

3. Tiket sudah bisa dipesan online

AirAsia Layani Penerbangan Domestik Lagi Awal Mei Peresmian livery Belitung AirAsia di Bandara H.AS Hanandjoeddin Tanjung Pandan, Belitung, Rabu (19/2) (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Penerbangan telah tersedia dan dapat dipesan melalui airasia.com dan aplikasi AirAsia, serta dapat dibeli menggunakan saldo akun kredit. "Informasi lebih lanjut mengenai rute dan jadwal penerbangan akan diumumkan selanjutnya, dan tergantung persetujuan otoritas terkait," kata Bo Lingam. 

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, calon penumpang bisa menghubungi AirAsia Virtual Allstar atau berbicara langsung dengan agen bantuan pelanggan di airasia.com atau support.airasia.com untuk bantuan lebih lanjut.

Calon penumpang disarankan untuk terus memantau perkembangan informasi imbauan yang dipublikasikan oleh AirAsia di airasia.com dan akun sosial media AirAsia. Penumpang juga disarankan untuk memeriksa status penerbangannya di airasia.com/flightstatus untuk perkembangan terkini terutama di situasi seperti sekarang ini.

Baca Juga: Mulai Awal April Seluruh Penerbangan AirAsia Indonesia Dicancel

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya