Comscore Tracker

Garuda Indonesia Kembali Terbang Mulai Hari Ini

Penumpang diizinkan terbang bila sesuai kriteria

Jakarta, IDN Times – PT Garuda Indonesia (Persero) kembali membuka layanan penerbangan komersial mulai hari ini (7/5), menyusul kebijakan pengendalian transportasi selama Ramadan dan Idul Fitri 1441 H yang mengacu pada ketentuan Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 4 Tahun 2020.

Namun penerbangan tersebut akan berioperasi berdasarkan ketentuan dan kriteria tertentu. Seperti penumpang yang akan melaksanakan tugas kedinasan, kepentingan umum, kesehatan dan medis, masyarakat yang akan pulang ke daerah asal, kebutuhan repatriasi, layanan fungsi ekonomi penting, serta mobilisasi pekerja migran Indonesia.

Baca Juga: AirAsia Indonesia Terbang ke Malaysia Lagi Mulai 18 Mei

1. Reservasi sudah bisa dilakukan

Garuda Indonesia Kembali Terbang Mulai Hari Iniilustrasi tiket Garuda Indonesia diskon hingga 40 persen hingga akhira tahun/IDN Times/Sidratul Muntaha

Baca Juga: Garuda Sulap Pesawat Penumpang untuk Angkut Kargo, Ini Penampakannya 

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra melalui keterangan resmi Garuda Indonesia, Rabu (6/5), mengungkap reservasi layanan penerbangan tersebut dapat diakses mulai sore kemarin. Pemesanan bisa dilakukan melalui seluruh kanal penjualan owned channel tiket Garuda Indonesia.

"Kembali beroperasi layanan penerbangan domestik ini kami lakukan berdasarkan komunikasi intensif bersama pemerintah, dan otoritas terkait dalam memastikan kesiapan kebutuhan layanan penerbangan," ujar Irfan.

 

2. Garuda Indonesia terapkan prosedur ketat bagi calon penumpang

Garuda Indonesia Kembali Terbang Mulai Hari IniIlustrasi pesawat Garuda Indonesia. (IDN Times/Holy Kartika)

Irfan menjelaskan, Garuda Indonesia menerapkan prosedur penerimaan dan screening penumpang yang sangat ketat. Antara lain pemberlakuan ketentuan penyertaan surat keterangan sehat dan negatif COVID-19 dari rumah sakit. 

Bagi penumpang dengan tujuan perjalanan dinas, harus dibuktikan dengan menunjukkan Kartu Identitas Kantor dan surat tugas, penyertaan surat pernyataan tidak mudik atau surat keterangan tertulis alasan melakukan perjalanan.

"Penumpang wajib memenuhi kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan sesuai ketentuan protokol kesehatan yang berlaku," jelas Irfan.

Irfan membeberkan informasi terkait ketentuan kriteria penumpang dan persyaratan yang harus dipenuhi, dapat diakses melalui https://www.garuda-indonesia.com/id/id/news-and-events/kebijakan-operasional-terkait-covid19.

Bagi pelanggan Garuda yang memenuhi kriteria melakukan penerbangan, maka dapat menghubungi layanan call center Garuda Indonesia +6221-2351 9999 dan 0804 1 807 807 atau situs www.garuda-indonesia.com, serta mobile apps Garuda Indonesia.

 

3. Gugus Tugas keluarkan surat edaran tentang kriteria pembatasan perjalanan orang

Garuda Indonesia Kembali Terbang Mulai Hari IniDoni Monardo Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (IDN Times/Fiqih Damar Jati)

Sebagai informasi, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 telah mengeluarkan edaran mengenai Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19. Ada beberapa kriteria orang yang masuk dalam aturan ini. 

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo mengatakan, kriteria orang tersebut adalah TNI dan Polri, pegawai BUMN, ASN, lembaga usaha, yang semuanya berkaitan dengan penanganan COVID-19, dan sejumlah kriteria masyarakat lainnya.

"Termasuk juga pengecualian diberikan kepada masyarakat yang mengalami musibah, dan kemalangan seperti meninggal, atau ada keluarga yang sakit keras," kata Doni. 

Baca Juga: Garuda Pangkas Gaji Karyawan Hingga 50 Persen, Imbas COVID-19

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya