Comscore Tracker

Telkomsel Prediksi Trafik Tumbuh 8 Persen Selama Ramadan

Pastikan kualitas jaringan sepanjang ramadan dan lebaran

Palembang, IDN Times - Operator telekomunikasi Telkomsel memprediksi kenaikan trafik layanan broadband selama Ramadan tahun ini. Peningkatan pergerakan layanan diperkirakan bakal tumbuh signifikan di angka 8 persen.

"Trafik komunikasi dibandingkan hari normal diprediksi terjadi kenaikan, untuk layanan broadband dapat tumbuh 8,54 persen. Sedangkan trafik layanan panggilan suara dan SMS diproyeksi meningkat sebesar 3,14 persen dan 2,95 persen," ujar Direktur Network Telkomsel Nugroho melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Rabu (14/4/2021).

1. Tingkatkan kualitas jaringan di daerah layanan komunikasi yang tinggi

Telkomsel Prediksi Trafik Tumbuh 8 Persen Selama RamadanGerai GraPARI Telkomsel (IDN Times/Sunariyah)

Telkomsel memastikan, trafik yang meningkat diiringi kualitas jaringan yang konsisten dan berkelanjutan, demi melakukan pengamanan dan pemantauan operasional.

"Khususnya jaringan layanan broadband yang difokuskan di wilayah dengan potensi lonjakan trafik komunikasi tinggi, serta optimalisasi titik layanan pelanggan di berbagai saluran digital," kata dia.

Baca Juga: MikroMaju Telkomsel Dorong UMKM Giat Berbisnis Digital 

2. Pengamanan jaringan broadbrand terfokus di wilayah residensial

Telkomsel Prediksi Trafik Tumbuh 8 Persen Selama RamadanIIlustrasi layanan jaringan Telkomsel (IDN Times/Feny maulia Agustin)

Selain itu, pengamanan jaringan broadband untuk koneksi digital yang prima juga akan terfokus di wilayah residensial, rumah ibadah, rumah sakit penanganan COVID-19, titik transit transportasi seperti bandara, terminal bus, pelabuhan, jalur penyaluran logistik, serta area spesial lain di pusat pelayanan publik.

Secara keseluruhan, optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan akan difokuskan pada 554 point of interest (POI) seluruh Indonesia. Yakni 255 di area residensial, 21 rumah sakit rujukan COVID-19, dan 43 area transit transportasi utama seperti bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan.

"Sedangkan 196 di area spesial meliputi pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan, serta 32 area di jalur transportasi dan logistik. Termasuk di tujuh rumah ibadah besar," jelasnya.

3. Telkomsel hadirkan 263 unit BTS 4G/LTE tambahan hingga April 2021

Telkomsel Prediksi Trafik Tumbuh 8 Persen Selama RamadanTelkomsel Prediksi Trafik Broadband Tumbuh 8% Selama Ramadan (IDN Times/Dokumen)

Nugroho melanjutkan, upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan juga diwujudkan melalui operasional tambahan 63 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), dan menambah kapasitas internet capacity menjadi 8,07 Tbps.

Selain itu, Telkomsel juga menambah 263 unit BTS 4G/LTE baru hingga April 2021. Sehingga Telkomsel sudah mengoperasikan lebih dari 236.000 unit BTS yang sebagian besarnya telah didukung teknologi broadband 3G dan 4G/LTE.

"Dengan lebih dari 50 kota dan kabupaten di Indonesia juga telah terlayani layanan VoLTE," timpal dia.

4. Jarak tempuh uji jaringan telkomsel mencapai 15 ribu kilometer

Telkomsel Prediksi Trafik Tumbuh 8 Persen Selama RamadanLogo Telkomsel (Twitter.com/Telkomsel)

Telkmosel juga turut mematangkan infrastruktur di titik-titik dengan potensi pertumbuhan trafik komunikasi yang siginfikan. Pihaknya telah menjalankan uji jaringan untuk memastikan kualitas dan stabilitas.

"Uji jaringan tahun ini dengan jarak tempuh dari inisiatif pengujian jaringan mencapai 15.135 km. Meliputi 57 ruas tol termasuk sejumlah ruas yang baru beroperasi dan berdasarkan kegiatan tersebut. Telkomsel mencatatkan hasil baik di tiap parameter performa," jelasnya.

Baca Juga: XL Axiata Prediksi Trafik Naik 10 Persen Saat Ramadan

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya