TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sandiaga Uno Berkunjung ke Palembang, Ajukan Kota Kreatif ke UNESCO

Menparekraf-Pemkot Palembang komitmen mengembangkan UMKM

Menparekraf Sandiaga Uno berkunjung ke Palembang (Dok. Kominfo Palembang)

Intinya Sih...

  • Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno kunjungi Palembang untuk dorong peran UMKM sebagai kota kreatif UNESCO.
  • Kolaborasi UMKM dapat mendorong kemajuan usaha, butuh pelatihan dan pendampingan dari pemerintah.
  • Pemerintah Kota Palembang berkomitmen mendukung UMKM lokal serta ekonomi kreatif, termasuk memanfaatkan lokasi baru untuk display produk UMKM.

Palembang, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkunjung ke Palembang, Minggu (15/9/2024). Kunjungannya itu dalam rangka mendorong peran Pelaku Usaha Kecil Menengah (UMKM) di Bumi Sriwijaya berkembang sebagai kota kreatif dan tercatat di UNESCO (The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization).

"Kita harapkan Palembang bisa menjadi kota kreatif dari UNESCO, lewat peran ekonomi dari UMKM. Ini (kota kreatif) bakal diajukan. Sehingga bisa membuka lapangan usaha dan lapangan kerja lebih besar lagi untuk masyarakat palembang," ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: 3 Camilan Bahan Dasar Ikan Khas Palembang Selain Pempek, Cek Yuk!

1. Pemkot Palembang harus menggelar pelatihan dan pembinaan UMKM agar bisa berkembang

Menparekraf Sandiaga Uno berkunjung ke Palembang (Dok. Kominfo Palembang)

Pelaku UMKM memiliki andil dalam pengembangan kota kreatif Palembang karena kolaborasi sektor bisnis dari usaha kecil menengah mampu mendorong kemajuan usaha. Kolaborasi bisa dimulai dari mitra-mitra kecil yang memiliki visi dan misi selaras.

"Pemerintah harus menghadirkan pelatihan dan pendampingan (bagi UMKM)," timpalnya.

2. Produk UMKM Palembang harus berinovasi mewujudkan ekonomi kreatif

Menparekraf Sandiaga Uno berkunjung ke Palembang (Dok. Kominfo Palembang)

Sandiaga yang menghadiri agenda Kelana Nusantara dan menjadi narasumber dalam rangka Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia itu berkesempatan melihat langsung usaha kuliner dan berbagai produk lokal di Palembang milik pelaku UMKM daerah.

"Inovasi produk daerah harus lebih luas didorong pengembangan bisnis dengan kehadiran berbagai event, sehingga sektor kreatif terwujud," kata dia.

Berita Terkini Lainnya