TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PGN Perluas Jaringan Gas Rumah Tangga di Sumsel

Targetkan 3.100 Sambungan Akhir Tahun Ini

Pemasangan jargas PGN prioritas di Sekayu dan Banyuasin (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Intinya Sih...

  • PT Pertamina Gas Negara (PGN) Tbk memperluas jaringan gas rumah tangga di Sumatra Selatan (Sumsel) dengan target pemasangan 3.100 sambungan gas di Sekayu dan Banyuasin hingga akhir tahun ini.
  • Jaringan gas PGN di Sumsel dan Jambi telah mencapai 49.963 pelanggan yang tersebar di delapan kabupaten/kota, dengan target pembangunan 3.124 sambungan pipa untuk tahun ini.
  • Pemasangan jargas dikebut untuk wilayah kerja Musi Banyuasin di Sekayu berjumlah 1.624 pipa dan di Banyuasin 1.500 konstruksi, serta PGN memiliki panjang jaringan pipa transmisi mencapai 359,7 kilometer.

Lampung, IDN Times – PT Pertamina Gas Negara (PGN) Tbk berkomitmen memperluas jaringan gas (jargas) rumah tangga di Sumatra Selatan (Sumsel), dengan fokus pada dua wilayah prioritas, yakni Musi Banyuasin (Muba) dan Banyuasin. Langkah ini diambil untuk mempercepat pemanfaatan gas bumi bagi masyarakat setempat.

"Kami menargetkan penyelesaian pemasangan sekitar 3.100 sambungan gas di Sekayu dan Banyuasin hingga akhir tahun ini. Masing-masing daerah akan mendapatkan 1.500 sambungan," ujar Area Head PGN Palembang, Braman Setyoko, dalam kegiatan pengenalan profil sistem kerja PGN di Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) dan gathering di Vila Tittan, Lampung, Sabtu (29/9/2024) malam.

1. Pengguna jarga di Sumsel tersebar di 8 kabupaten/kota

Pemasangan jargas PGN prioritas di Sekayu dan Banyuasin (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Saat ini, jaringan gas PGN di wilayah Sumsel dan Jambi telah mencapai 49.963 pelanggan yang tersebar di delapan kabupaten/kota. Untuk tahun ini, PGN menargetkan pembangunan 3.124 sambungan pipa.

Pemasangan jargas itu masing-masing dikebut untuk wilayah kerja Musi Banyuasin di Sekayu berjumlah 1.624 pipa dan di Banyuasin 1.500 kontruksi. PGN terus konsisten menawarkan gas pipa sebagai proses optimalisasi pemanfaatan gas bumi.

2. Total 16.267 jargas di Muba terpasang

Pemasangan jargas PGN prioritas di Sekayu dan Banyuasin (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Tercatat sepanjang 2023 pengguna jargas PGN tertinggi berada di Muba dengan total 16.267 pipa yang telah terpasang. Jumlah kontruksi sambungan tersebut tertinggi di Sekayu karena gas bumi paling banyak berada di wilayah terasbut. Sementara daerah paling rendah pengguna di Oku Timur, baru 2.934 pelanggan.

"Kalau untuk seluruh wilayah kerja di Sumsel, PGN memiliki panjang pipa transmisi sepanjang 359,7 km," timpalnya.

3. Pemasangan jaringan gas khusus di Palembang untuk tiga sektor, rumah tangga, industri dan komersil

Pemasangan jargas PGN prioritas di Sekayu dan Banyuasin (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

PGN juga mencatat bahwa di wilayah Sumsel, mereka memiliki panjang jaringan pipa transmisi mencapai 359,7 kilometer. “Pertumbuhan jaringan gas khusus di Palembang sudah mencapai 12.100 sambungan untuk rumah tangga, 10 sambungan bagi sektor industri, dan 231 sambungan komersial. Pengguna tersebar di beberapa wilayah seperti Kebun Bunga, Dwikora, dan Kawasan Balayudha,” lanjut Braman.

Sebagai subholding gas Pertamina, PGN mengoperasikan jaringan gas di 17 provinsi yang mencakup 78 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Namun, masih ada beberapa area yang belum terjangkau jaringan gas PGN, seperti Semarang-Cirebon dan Semangke-Dumai.

Berita Terkini Lainnya