TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pasok Bawang Merah dari Brebes Cara Pemkot Palembang Tekan Inflasi

Palembang gelar KAD dengan Pemerintah Brebes

ilustrasi bawang merah (pixabay.com/ Hans)

Intinya Sih...

  • Pemkot Palembang menjalin kerjasama KAD dengan Pemkab Brebes untuk menjaga inflasi bawang merah
  • Penandatanganan kesepakatan dilakukan antara Pj Bupati Brebes, Kepala DKPP Palembang, dan Kepala DPKP Brebes
  • Tujuan kerjasama adalah agar masyarakat tidak kesulitan mendapatkan bawang merah dengan harga terjangkau

Palembang, IDN Times - Pasokan komoditas yang berlimpah turut memengaruhi kenaikan harga jual atau inflasi di pasaran. Salah satu langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menekan inflasi adalah kerjasama antar daerah (KAD).

"Kita tahu Brebes penghasil bawang terbesar, tujuanya membuat KAD untuk menjaga inflasi khususnya di sektor komoditas bawang merah," ujar Pj Wako Palembang Ucok Abdulrauf Damenta melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Jumat (13/9/2024).

Baca Juga: APBD Pemkot Palembang Tahun 2025 Naik 15,13 Persen

1. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Brebes terlibat KAD dengan Pemkot Palembang

Pemkot Palembang KAD dengan Pemkab Brebes (Dok. Kominfo Palembang)

Pemkot Palembang melaksanakan KAD dengan Pemerintah Kabupaten Brebes, Kamis (12/9/2024) melalui penandatanganan kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Palembang Albert Midianto Amad.

"Termasuk keterlibatan dengan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DPKP) Brebes M Furqon di Kantor Bupati Brebes," kata Ucok.

2. Pemkot Palembang tanam bawang merah mandiri

Kerjasama dilakukan Pemkot Palembang dengan Pemkab Brebes bertujuan agar masyarakat tidak kesulitan mendapatkan komoditas harga bawang merah harga terjangkau. Apalagi harga bawang merah cenderung fluktuatif atau naik turun di sejumlah pasar tradisional.

"Selain upaya menanam sendiri, kebutuhan (bawang merah) kami juga masih kurang. Untuk itu dilakukan kerjasama ini dengan target menjaga pasokan bawang agar tidak terjadi kekurangan," jelas dia.

Berita Terkini Lainnya