TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Melirik Pertanian di Desa Pulau Semambu: Pengolahan Air Energi Surya

Pertamina Patra Niaga komitmen menyejahterakan masyarakat

Sektor pertanian di Desa Pulau Semambu, Ogan Ilir (Dok. Pertamina Patra Niaga)

Intinya Sih...

  • Pertamina Patra Niaga mengatasi kekeringan di Desa Pulau Semambu dengan sistem penyaluran air berbasis energi surya.
  • Program ini merupakan bentuk komitmen Pertamina dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumatra Bagian Selatan.
  • Teknologi ini memberikan dampak positif bagi petani dan anak-anak sekolah dasar di wilayah tersebut.

Ogan Ilir, IDN Times - Petani di Desa Pulau Semambu, Ogan Ilir (OI) mendapat pembinaan dari Pertamina Patra Niaga Regional Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) untuk mengatasi masalah kekeringan berkepanjangan. Salah satu solusi yang digunakan di desa ini adalah pengolahan air berbasis energi surya.

Area Manager Communication, Relation, & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan menjelaskan, kekeringan sebelumnya kerap menghambat produktivitas pertanian di Desa Pulau Semambu.

"Dengan menerapkan sistem penyaluran air berbasis energi surya berhasil memberikan solusi jangka panjang dalam menjaga pasokan air berkelanjutan dan meningkatkan produktivitas pertanian" kata Tjahyo dalam keterangannya, Rabu (18/9/2024).

Baca Juga: Remaja Putri di Ogan Ilir Derita Gizi Buruk, Hanya Bisa Terbaring

1. Program pengolahan air energi surya di Desa Pulau Semambu sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs)

Sektor pertanian di Desa Pulau Semambu (Dok. Pertamina Patra Niaga)

Tjahyo menambahkan, pengelolaan penyaluran air berbasis energi surya itu merupakan program jangka panjang dan diharapkan berkontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumsel, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan berkelanjutan di sektor pertanian.

“Program ini menghasilkan solusi berkelanjutan mengatasi masalah sosial dan lingkungan, sejalan dengan capaian Sustainable Development Goals (SDGs),” jelas dia.

Adapun capaian SDGs itu, kata dia,  antara lain, tanpa kemiskinan, tanpa Kelaparan, air bersih dan sanitasi layak, energi bersih dan terjangkau, serta penanganan perubahan iklim.

2. Sistem itu berdampak pada distribusi air yang lebih efisien dan merata di Desa Pulau Semambu

Sektor pertanian di Desa Pulau Semambu (Dok. Pertamina Patra Niaga)

Teknologi sistem penyaluran air berbasis energi surya di Desa Semambu, menurut Tjahyo, menyediakan akses air bersih dengan pasokan tercukupi bagi masyarakat untuk mendukung optimalisasi lahan pertanian. Pengelolaan air bersih ini sangat berkontribusi saat musim kemarau.

"Sistem pengairan yang terintegrasi ini memungkinkan distribusi air yang lebih efisien dan merata, memastikan lahan pertanian dapat dikelola secara produktif sepanjang tahun," kata Nikho.

3. Pengolahan air berbasis energi surya berdampak positif terhadap kebutuhan anak sekolah di Desa Pulau Semambu

Sektor pertanian di Desa Pulau Semambu (Dok. Pertamina Patra Niaga)

Salah satu petani di Desa Pulau Semambu, Untung mengaku merasakan dampak positif dari dampak itu. Menurutnya, program tersebut berpengaruh terhadap kehidupan anak-anak sekolah dasar di sana.

Sebelumnya mereka harus membawa air bersih 1,5 liter dari rumah ke sekolah tiap hari selama musim kemarau untuk memenuhi kebutuhan air, dengan berjalan kaki. 

"Kini, kebutuhan air terpenuhi karena pasokan air tersebar di seluruh Desa Pulau Semambu dan mereka lebih fokus belajar karena infrastruktur memadai," ungkap dia.

Berita Terkini Lainnya