TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Grafik Maskapai Sumsel Naik 7,76 Persen, Bandara SMB II Buka Rute Baru

Rute baru Denpasar dan Makassar aktif Oktober 2024

Ruang tunggu Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Intinya Sih...

  • Peningkatan aktivitas penerbangan dan maskapai di Sumsel sepanjang Januari-Juli 2024, dengan pertumbuhan penumpang mencapai 7,76 persen year on year.
  • Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang akan menambah rute penerbangan ke Denpasar dan Makassar mulai Oktober 2024 untuk memenuhi kebutuhan perjalanan masyarakat.
  • Rute lain dengan tinggi peminat adalah perjalanan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) Jakarta, Bandara Internasional Halim Perdanakusuma (HLP), dan beberapa bandara lainnya di Indonesia.

Palembang, IDN Times - Badan Pusat Statistik Sumatra Selatan (BPS Sumsel) mencatat adanya peningkatan grafik aktivitas penerbangan, transportasi udara dan maskapai sepanjang Januari-Juli 2024 dibandingkan 2023 secara year on year (yoy) pada peride sama.

"Ada peningkatan signifikan pada jumlah keberangkatan dan kedatangan penumpang melalui jalur udara di Sumsel. Secara year on year pertumbuhan penumpang diangka 7,76 persen dengan 264,98 ribu penumpang," ujar Kepala BPS Sumsel Moh Wahyu Yulianto, Jumat (13/9/2024).

Baca Juga: BPBD Sumsel Kerahkan 4 Helikopter Padamkan Api di 3 Wilayah

1. Penambahan rute diharapkan mempermudah aksesbilitas penumpang

Berkaca dari pertumbuhan jumlah pengguna maskapai di Sumsel, Pengelola Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang melirik potensi penamabahan rute lainnya. Terjadwal mulai Oktober 2024 akan ada tujuan penerbangan baru ke Denpasar dan Makassar.

"Penambahan rute ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan perjalanan masyarakat. Rute yang akan tersedia Palembang-Denpasar dan Palembang-Makassar. Harapannya dapat meningkatkan aksesibilitas bagi penumpang," ujar EGM Bandara SMB II, Iwan Winaya.

2. Pengelola Bandara SMB II Palembang optimalkan permintaan rute kebutuhan penumpang

Tercatat penumpang Bandara SMB II Palembang paling banyak dari kedatangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK), Bandara Internasional Halim Perdanakusuma (HLP) di Jakarta, serta Bandara Internasional Hang Nadim (BTH) di Batam.

Selain itu, rute lain yang juga tinggi peminat adalah perjalanan dari Bandara Internasional Juanda (SUB) Surabaya, Bandara Depati Amir (PGK) di Bangka Belitung, Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), dan Bandara Internasional Kualanamu (KNO) Sumut.

"Pengelola bandara terus mengumpulkan dan menyediakan data angkutan udara kepada seluruh maskapai. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi permintaan yang ada dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pengguna jasa penerbangan," timpalnya.

Berita Terkini Lainnya