Comscore Tracker

Kelebihan Motor Kopling Ini Tak Bisa Dirasakan Pengguna Motor Matic

Perawatannya lebih mudah, lho!

Jakarta, IDN Times - Motor kopling sempat merajai jalanan, setelah dominasinya kini digantikan oleh motor matic dewasa kini. Motor matic diandalkan masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi, lantaran penggunaan yang mudah dan perawatan praktis.

Motor matic pun menjadi opsi pertama untuk commute harian. Namun motor kopling menjanjikan kenyamanan-kenyamanan lain yang sulit ditemukan di motor matic. 

1. Pengereman yang gak bergantung pada rem saja

Kelebihan Motor Kopling Ini Tak Bisa Dirasakan Pengguna Motor Maticpexels.com/Nikolai Ulltang

Sistem pengereman motor kopling dan matic pun berbeda. Salah satunya bisa dirasakan ketika menuruni turunan. Motor kopling bisa memanfaatkan teknik Engine Brake dengan perlahan melepaskan tuas kopling. Nantinya, motor akan perlahan melamban tanpa harus menarik tuas rem.

Teknik Engine Brake bisa meringankan beban pengereman motor, selain bisa menjaga temperatur pada kampas rem, agar tidak overheat dan mempertahankan kualitas pengereman.

Sedangkan sistem pengereman pada motor matic hanya bergantung pada rem. Beban pengereman terlalu berat di turunan panjang, berpotensi menyebabkan kampas rem overheat dan menurunkan kualitas pengereman.

Baca Juga: 5 Tips Melakukan Perawatan Motor Kopling

2. Perawatan lebih mudah

Kelebihan Motor Kopling Ini Tak Bisa Dirasakan Pengguna Motor MaticUnsplash/Artem Beliaikin

Motor kopling punya beban perawatan yang cukup sederhana. Pemilik motor kopling biasanya hanya perlu memerhatikan jadwal servis rutin, dan tak lupa mengganti pelumas. Berbeda halnya dengan motor matic.

Pemilik motor matic harus rajin memerhatikan komponen-komponennya seperti CVT, roller, belt, hingga oli-oli pada motor matic. Komponen motor kopling pun diketahui punya ketahanan yang relatif lebih panjang jika dibanding motor matic.

3. Pengendara punya kendali penuh atas motor

Kelebihan Motor Kopling Ini Tak Bisa Dirasakan Pengguna Motor Maticpexels.com/ Guduru Ajay bhargav

Motor kopling memberikan lebih banyak kontrol saat berkendara. Pengendara menentukan sendiri persneling yang akan dipilih. Pengendara pun lebih mudah mengatur cepat atau lambatnya laju kendaraan.

Sensasi memilih persneling ini menjadi hal yang tak bisa didapatkan di motor matic. Selain itu, pengendara juga lebih tenang mengetahui motor tak keliru memilih persneling yang bisa membuang-buang energi.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Motor Matic Lebih Laris daripada Motor Sport dan Bebek

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya