Comscore Tracker

5 Tips Gowes di Kala Hujan, Tetap Aman dan Nyaman

Takut hujan? Sudah tidak lagi...

Jakarta, IDN Times - Meski ramalan cuaca bisa memprediksi kapan hujan tiba, namun tetap saja prediksi itu bisa berubah seketika. Sedang asyik gowes, ternyata hujan mengguyur jalanan.

Hujan menimbulkan hal-hal yang bisa mengurangi kenyamanan dan keamanan saat gowes, seperti udara yang bertambah dingin dan jalanan yang licin. Belum lagi jarak pandang pengendara yang menurun.

Berikut tips buat goweser yang menginginkan tetap nyaman dan nyaman menghadapi hujan saat sedang bersepeda.

1. Selalu persiapkan diri

5 Tips Gowes di Kala Hujan, Tetap Aman dan NyamanWarga berolahraga menggunakan sepeda di kawasan Sultan Iskandar Muda, Jakarta, Minggu (26/7/2020). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Tak ada jaminan bagi goweser akan pulang-pergi dengan cuaca yang sama-sama cerah. Karenanya, persiapan menjadi kunci untuk gowes tetap aman dan nyaman kala hujan. Selalu sediakan perlengkapan gowes seperti topi sepeda, sarung tangan, kacamata, hingga jas hujan, yang bisa disimpan dalam tas waterproof

Selain mempersiapkan diri, sepeda juga harus dipersiapkan. Aksesori yang bisa disiapkan untuk gowes saat hujan di antaranya lampu depan dan belakang, serta fender.

Baca Juga: Sering Merasa Sesak Napas Saat Bersepeda, Begini Penjelasannya

2. Hindari melakukan cornering

5 Tips Gowes di Kala Hujan, Tetap Aman dan Nyamancyclingabout.com

Cornering di tikungan dilakukan untuk menjaga kecepatan sepeda. Trik ini aman-aman saja saat cuaca cerah atau jalanan tidak basah. Tapi berbeda ceritanya kalau melakukan cornering saat hujan dan jalanan basah.

Sebab, cornering saat jalanan basah bisa mengurangi grip ban dengan jalanan. Potensi goweser tergelincir pun besar, karena salah satu kunci aman gowes saat hujan adalah meningkatkan grip ban sepeda dengan jalanan.

Hal yang bisa dilakukan agar tetap aman melewati tikungan saat hujan adalah turunkan kecepatan. Lakukan pengereman sebelum mulai berbelok, dan bikin prediksi jarak pengereman yang bertambah saat hujan. 

3. Gunakan rem secara bertahap sebelum berhenti

5 Tips Gowes di Kala Hujan, Tetap Aman dan Nyamanflickr.com/Hugger Industries

Mengingat efektivitas pengereman sepeda berkurang saat hujan, goweser perlu lebih perhatian dengan teknik pengereman yang dilakukan. 

Jika ingin mengurangi kecepatan, lakukan secara bertahap. Hindari mengerem pada menit-menit terakhir ketika mendekati lampu merah atau hendak berbelok. 

Mengerem secara bertahap ini juga efektif untuk menghilangkan kumpulan air hujan di bagian rim pelek. Dengan demikian, bantalan rem bisa mencengkeram rim pelek lebih baik saat hujan. 

4. Hindari permukaan yang licin dan genangan air

5 Tips Gowes di Kala Hujan, Tetap Aman dan Nyamanflickr.com/Ian Ransley

Bagian jalan yang dicat lebih licin daripada bagian jalan lainnya. Terlebih saat jalanan basah. Karenanya, usahakan menghindari bagian jalan ini.

Hal serupa juga diterapkan ketika melihat permukaan berbahan besi, seperti penutup drainase dan rel kereta api. Permukaan berbahan besi ini bisa menjadi sangat licin ketika basah.

Genangan air bisa berbahaya karena goweser tidak bisa mengetahui apa yang ada di bawahnya. Bisa saja genangan air tersebut mengandung objek-objek yang seharusnya dihindari, seperti kerikil tajam.

5. Tetap duduk saat mengayuh

5 Tips Gowes di Kala Hujan, Tetap Aman dan Nyamancambridge-news.co.uk

Berdiri di atas sepeda saat menggowes ketika menaiki tanjakan sering dilakukan goweser. Namun teknik gowes ini saat hujan tidak tepat, guys! Ketika gowes sambil berdiri, traksi pada roda belakang berkurang dan bisa meningkatkan potensi roda belakang tergelincir. 

Beban berat saat duduk bisa membantu mempertahankan traksi roda belakang saat harus mengayuh lebih keras. 

Baca Juga: 6 Tips Merawat Sepeda Listrik, Jangan Samakan dengan Sepeda Biasa Ya!

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya