Comscore Tracker

Nyaman dan Makin Mewah! Begini Transformasi 5 Generasi Honda Odyssey 

MPV bergaya stylist dan sporty seperti sedan

Jakarta, IDN Times – Sudah 15 tahun Honda Odyssey menemani pencinta otomotif di Indonesia. Kini mobil MPV buatan Honda itu sudah memasuki generasi kelima, sejak diproduksi dan dipasarkan secara global pada 1994.

Kesuksesan Honda Odyssey antara lain karena desainnya yang berbeda dengan MPV lain. Jika kebanyakan MPV berdesain kotak, Honda Odyssey hadir dengan desain ala sedan, sehingga selain terlihat lebih mewah juga lebih nyaman.

Di Indonesia, Honda Odyssey mulai dipasarkan pada 2005. Nah, berikut generasi Honda Odyssey setelah 26 tahun mengaspal di tanah air.

1. Honda Odyssey generasi pertama, mobil MPV bergaya seperti sedan

Nyaman dan Makin Mewah! Begini Transformasi 5 Generasi Honda Odyssey autolist.com

Honda Odyssey generasi pertama tampil bergaya stylist dan sporty seperti sedan. Berbeda dengan MPV lainnya saat itu yang kebanyakan berdesain kotak konvensional. Mobil produksi Honda ini mengaspal sejak 1994-1999 yang menawarkan  opsional 4WD (dengan RA2 dan RA4), dan 3.0 L J30A mesin dengan sasis RA5 (Prestige).

Sejak generasi pertama, semua model Odyssey telah menggunakan enam atau tujuh seater. Dengan dua sistem AC yang terpisah pada bagian depan dan belakang kursinya.

2. Menggunakan Electric Flat Folding Third Row Seat untuk generasi kedua

Nyaman dan Makin Mewah! Begini Transformasi 5 Generasi Honda Odyssey autolist.com

Generasi kedua Honda Odyssey diperkenalkan pada 1999, sebenarnya bisa dibilang generasi kedua ini merupakan facelift dari generasi sebelumnya. Namun, ada beberapa penambahan dan perubahan yang dialami generasi kedua Odyssey ini sehingga Honda menyebutnya sebagai generasi kedua. Honda Odyssey generasi kedua saat itu menggunakan teknologi pertama di dunia, Electric Flat Folding Third Row Seat.

Salah satu perubahan pada generasi kedua ini adalah ukuran mobil yang lebih besar dan lebih modern. Interiornya pun semakin lega dan menjadi daya tarik tersendiri dengan kenyamanan Honda Odyssey generasi kedua ini. Untuk generasi kedua, Honda menyediakan dua varian mesin Honda Odyssey, dengan 2,3 liter 4 silinder dan 3,0 liter V6.

Baca Juga: Rentan Terbakar, 241 Ribu Unit Honda Odyssey Direcall

3. Generasi ketiga, generasi paling sukses Honda Odyssey

Nyaman dan Makin Mewah! Begini Transformasi 5 Generasi Honda Odyssey autolist.com

Pada generasi ketiga ini, Honda Odyssey resmi meluncur di Indonesia. Bahkan digadang-gadang Honda Odyssey generasi ketiga menjadi yang paling sukses dibandingkan dengan yang lainnya. Honda Odyssey generasi ketiga ini juga tampil dengan desain lebih mewah dan modern.

Honda Odyssey menggunakan mesin K24A i-VTEC, 2.4 L unit yang memproduksi 160 PS (118 kW) mesin yang sama digunakan pada CR-V dan Accord. Pada generasi ketiga ini pula Honda Odyssey menggunakan transmisi CVT dan mobil ini sangat irit bahan bakar. Di Indonesia, mobil ini hadir dalam empat trim, yaitu M, L dan Absolute.

4. Generasi keempat dengan mesin 2,4 liter dan bertransmisi CVT pertama

Nyaman dan Makin Mewah! Begini Transformasi 5 Generasi Honda Odyssey autolist.com

Honda pertama kalinya memasarkan Odyssey secara resmi di Indonesia, dengan varian mesin 2,4 liter dan bertransmisi CVT dengan torque converter untuk FWD, dan 5-kecepatan transmisi otomatis untuk 4WD. Kenyamanan mobil ini semakin didukung dengan kabin oleh bangku baris ketiga yang bisa dilipat secara elektrik.  Tidak banyak perubahan signfikan dari generasi sebelumnya, tetapi pada generasi keempat banyak penambahan fitur baru yang lebih modern.

5. Generasi kelima pesaing Alphard dan Elgrand

Nyaman dan Makin Mewah! Begini Transformasi 5 Generasi Honda Odyssey honda-indonesia.com

Perubahan besar terjadi pada Honda Odyssey generasi kelima. Dengan ukuran yang lebih besar, Odyssey awalnya dibuat untuk menggantikan Ellysion yang mulai ditinggalkan. Dengan body yang lebih besar Odyssey bersaing melawan Toyota Alphard dan Nissan Elgrand.

Honda Odyssey generasi kelima ini sudah dilengkapi dengan pintu geser elektrik, dan jok baris kedua yang mampu maju dan mundur cukup jauh sehingga memberikan kesan luas dan lega. Honda Odyssey menggunakan mesin berkapasitas 2,4 liter dan dapat menyemburkan tenaga mencapai 175 PS dengan transmisi CVT baru berteknologi Earth Dreams sebagai penyalur ke roda depan.

Baca Juga: Buat Liburan Keluarga, 5 Mobil MPV Bekas yang Harganya Rp100 Juta

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya